Great Dane



Anjing Great Dane dijuluki sebagai anjing trah terbesar didunia karena tingginya bisa mencapai 160 cm jika diukur dari permukaan tanah sampai ke ujung telinga. Penampilannya sangat elegan, dan berwibawa didukung dengan ukurannya yang sangat besar.

Anjing ini memiliki sifat yang sangat baik, kalem, tidak agresif, jarang menggonggong, dan mudah untuk dilatih. Cocok untuk digabung dengan anjing jenis apapun termasuk dengan anjing terkecil didunia, Chihuahua.

Walaupun ukurannya besar, Great Dane tidak membutuhkan tempat pemeliharaan yang besar karena anjing ini tidak membutuhkan exercise. Over exercise malah dapat menyebabkan kerusakan pada kaki-kakinya.

Masa pertumbuhan Great Dane bisa mencapai umur 18 bulan, sangat tidak disarankan untuk mempercepat pertumbuhan dengan memberikan nutrisi yang berlebihan karena dapat merusak pertumbuhan kakinya. Sebaiknya Great Dane dibuat ramping selama masa pertumbuhannya agar kaki tumbuh cukup kuat dan tidak dibuat kegemukan setelah masa pertumbuhannya selesai.

Standarisasi

Ukuran Tubuh

Anjing jantan harus terlihat lebih gagah dari anjing betina dengan ukuran tubuh yang lebih besar dan tulang yang kasar. Rasio tinggi dan panjang tubuh harus seimbang. Untuk betina, ratio panjang tubuh lebih besar daripada tingginya diperbolehkan asalkan masih proposional. Tinggi tubuh anjing jantan tidak boleh kurang dari 80 centimeter diukur dari permukaan tanah sampai pundak tertinggi. Sedangkan anjing betina, tinggi badan minimal 75 centimeter. Makin tinggi makin baik tetapi harus diimbangi dengan panjang badan.

Kepala

Ukuran kepala panjang, rasio batok kepala dengan moncong adalah 1:1. Rahang panjang dan lebar berbentuk persegi panjang, dengan bibir yang sedikit menggelambir. Stopan antara batok kepala dengan rahang terlihat jelas tetapi tidak dalam seperti Rottweiler.

Ukuran mata medium, letaknya agak dalam dan berwarna gelap. Untuk Great Dane yang berwarna harlequin, warna mata terang atau warna mata berlainan diperbolehkan tetapi umumnya tidak disukai.

Posisi telinga terpasang tinggi dengan ukuran sedang dan daun telinga tebal. Jika dikupir, panjang daun telinga harus proposional dan tidak boleh pendek .

Ukuran hidung cukup besar dengan warna gelap. Pada Great Dane yang berwarna biru, warna hidung biru tua diperbolehkan sedangkan pada warna harlequin, warna hidung hitam dan merah muda masih diperbolehkan. Warna hidung merah muda seluruhnya, tidak disukai.

Gigi menggunting (scissors bite). Gigi atas lebih panjang dari gigi bawah ( over shoot) atau gigi bawah lebih panjang dari gigi atas (under shoot) adalah kesalahan yang fatal.

Tubuh

Leher cukup panjang dan memiliki otot yang kuat. Antara leher dengan garis punggung agak landai jadi tidak terlihat memiliki sudut.

Dada membusung tapi tidak terlalu dalam. Garis bawah dada hampir sejajar dengan siku kaki depan. Rahang memanjang kebawah sehingga tidak terlihat bulat jika dilihat dari atas. Posisi punggung (croup) dekat ekor agak menurun.

Kaki depan lurus dengan telapak kaki menghadap kedepan. Tulang kaki terlihat kasar dengan otot yang kuat.

Kaki belakang memiliki otot paha yang kuat dengan siku yang jelas.

Ukuran ekor sedang, pangkal ekor cukup lebar dan melancip pada ujungnya. Ekor tidak terangkat melewati garis punggung, Great Dane cenderung menurunkan ekornya walaupun sedang dikibaskan.

Bulu

Bulu pendek dan tumbuh dengan rapat seperti bulu ditubuh kuda.

Warna

Hitam, biru/blue, fawn, brindle(loreng), harlequin (warna dasar putih dengan bercak hitam), mantle (hitam dada putih, hitam moncong putih, hitam kaki putih).

Sifat

Cenderung ramah pada siapapun termasuk pada hewan lain, tidak pengecut dan tidak agresif.

[AnjingKita.Com]

0 komentar:

Posting Komentar